Leading In Port Information
  • Agenda Kegiatan
  • Download Majalah
  • Tentang Kami

+62(31)3298631

+62(31)3298637

humas@pelindo.co.id

majalahdermaga@yahoo.com

  • BERANDA
  • BERITA
  • SAFETY & HEALTH
  • OLAHRAGA
  • SENI & BUDAYA
  • CSR
  • Laznas LMI dan Pelindo III Launching Ambulans Luaskan Kepedulian
  • Dukung PPKM, Pelindo III Bagikan Ribuan Sembako Gratis
  • Sembako Gratis Bagi Pengemudi Angkutan Umum dan Angkutan Daring
  • Seribu Vaksin Untuk Pekerja Pelabuhan Tanjung Perak

Komitmen Pelindo III Group Wujudkan Pelabuhan Bebas Pungutan Liar

Berita
diupload oleh Hamid
Surabaya-Operator Pelabuhan Tanjung Perak PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III menyebut tindakan pungutan liar (pungli) yang terjadi di dalam pelabuhan bukan berarti dilakukan oleh insan Pelindo III Group. Tindakan pungli yang hangat dibicarakan terjadi di Pelabuhan Tanjung Perak dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab. Hal tersebut disampaikan oleh VP Corporate Communication Pelindo III Suryo Khasabu, Senin (14/06). Menurutnya, banyak pihak yang bekerja dan berkepentingan di pelabuhan, sehingga tidak seluruh pekerja yang bekerja di pelabuhan adalah insan Pelindo III Group.

“Seluruh insan Pelindo III Group baik terminal pelabuhan seperti Terminal Jamrud, Terminal Nilam, Terminal Kalimas dan lainnya maupun anak perusahaan seperti PT Terminal Petikemas Surabaya, PT Terminal Teluk Lamong, PT Berlian Jasa Terminal Indonesia dan yang lainnya sudah berkomitmen bahwa pungli adalah sebuah tindakan tercela dan memiliki konsekuensi baik secara internal perusahaan maupun secara hukum. Jika insan Pelindo III Group terbukti melakukan pungli maka akan diproses sesuai aturan perusahaan dan kami serahkan kepada pihak yang berwajib,” katanya.

Apabila mendapati terjadinya pungli, masyarakat dapat melaporkan kepada Pelindo III. Tidak hanya terbatas pada wilayah Pelabuhan Tanjung Perak, namun seluruh wilayah kerja Pelindo III di tujuh provinsi di Indonesia. Perseroan memiliki nomor pengaduan pelanggaran yang dapat diakses oleh masyarakat melalui nomor telepon 082336669999. Masyarakat dapat mengirimkan pesan maupun laporan secara telepon untuk melaporkan tindakan pelanggaran yang terjadi di lingkungan pelabuhan.

“Kami menghimbau kepada para pengguna jasa maupun masyarakat yang menemukan adanya pelanggaran terhadap komitmen insan Pelindo III Group untuk dapat melaporkan kepada kami. Identitas pelapor akan kami rahasiakan, dan pelapor tidak akan ditindak sebagai pelaku pungli,” tambah Suryo.

Lebih lanjut, komitmen pemberantasan pungli bukan hanya menjadi tanggung jawab pengelola pelabuhan. Namun seluruh pihak yang berkepentingan di area pelabuhan juga memiliki tanggungjawab yang sama untuk mewujudkan pelabuhan yang bebas dan bersih dari pungutan.

“Kami tidak dapat berjalan sendiri untuk mewujudkan pelabuhan yang bersih dari pungutan liar, kami butuh dukungan semua pihak baik regulator, operator, penegak hukum, maupun pengguna jasa. Semua harus satu pemahaman bahwa pungutan liar adalah satu tindakan yang harus dihilangkan,” tutupnya.
Download Majalah
Dermaga Edisi 263 – Juli 2021
Terbaru
Pelindo III Berikan Sembako Untuk Santri Pondok Pesantren
Jumat, 27 Agustus 2021
Laznas LMI dan Pelindo III Launching Ambulans Luaskan Kepedulian
Kamis, 19 Agustus 2021
Dukung PPKM, Pelindo III Bagikan Ribuan Sembako Gratis
Selasa, 10 Agustus 2021
Sembako Gratis Bagi Pengemudi Angkutan Umum dan Angkutan Daring
Senin, 02 Agustus 2021
Seribu Vaksin Untuk Pekerja Pelabuhan Tanjung Perak
Senin, 26 Juli 2021
Terpopuler
Pelindo III Berikan Sembako Untuk Santri Pondok Pesantren
Jumat, 27 Agustus 2021
Laznas LMI dan Pelindo III Launching Ambulans Luaskan Kepedulian
Kamis, 19 Agustus 2021
Dukung PPKM, Pelindo III Bagikan Ribuan Sembako Gratis
Selasa, 10 Agustus 2021
Sembako Gratis Bagi Pengemudi Angkutan Umum dan Angkutan Daring
Senin, 02 Agustus 2021
Seribu Vaksin Untuk Pekerja Pelabuhan Tanjung Perak
Senin, 26 Juli 2021

Pewarta dan kontributor Majalah Dermaga dalam menjalankan tugas kejurnalistikan tidak menerima imbalan dalam bentuk apapun. Segala bentuk permintaan yang mengatasnamakan Majalah Dermaga adalah di luar tanggung jawab redaksi. Setiap bagian materi pemberitaan dari situs ini tidak merepresentasikan pandangan dari PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) secara korporat maupun karyawannya.

Konten
  • Berita
  • Safety & Health
  • Olahraga
  • Seni & budaya
  • CSR
Kontak
Jl. Perak Timur 610 Surabaya, 60165
+62(31)329863
+62(31)3298637
+62(31)3295204
humas@pelindo.co.id
majalahdermaga@yahoo.com
Hak Cipta © 2014 - 2023. Majalah Dermaga - PT Pelabuhan Indonesia III (Persero)
Agenda Kegiatan|Download Majalah|Tentang Kami