Leading In Port Information
  • Agenda Kegiatan
  • Download Majalah
  • Tentang Kami

+62(31)3298631

+62(31)3298637

humas@pelindo.co.id

majalahdermaga@yahoo.com

  • BERANDA
  • BERITA
  • SAFETY & HEALTH
  • OLAHRAGA
  • SENI & BUDAYA
  • CSR
  • H-1 Angkutan Nataru, Tak Ada Lonjakan Penumpang di Pelabuhan
  • 150 Anak Mendapat Layanan Khitanan Massal
  • Dukung Penanganan Covid-19, Pelindo III Sumbang Mobil Ambulance
  • Rektor UGM Apresiasi Pelindo III atas Hibah Bantuan Pembangunan Masjid Mardliyyah Islamic Centre

Terminal Teluk Lamong : Operasional Pelayanan Petikemas Dipastikan Tetap Lancar

Berita
diupload oleh Hamid 24 November 2020 - 08:42
Surabaya (16/11) – Direktur Utama PT Terminal Teluk Lamong Faruq Hidayat menjamin pelayanan operasional bongkar muat di Terminal Teluk Lamong (TTL), Surabaya, berjalan lancar. Hal tersebut disampaikan dalam konferensi pers terkait insiden karamnya kapal MV. Mentari Crystal, Senin (16/11).

“Ada sejumlah tahap yang telah kami lakukan untuk menormalkan kembali operasional di TTL yaitu sesaat setelah kejadian kami langsung melakukan evakuasi terhadap ABK dan Petikemas kapal MV Mentari Crystal, langkah selanjutnya yang kami lakukan adalah mengatur dan menyesuaikan skema pelayanan penyandaran kapal di TTL untuk memastikan pelayanan tetap normal,” tutur Faruq Hidayat Dirut TTL.

Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak menambahkan, meskipun kejadian tersebut berjalan cukup cepat namun berkat kerjasama dan kolaborasi yang baik yang dilakukan oleh pihak TTL dengan para pemangku kepentingan terkait, kejadian tersebut bisa segera teratasi dan operasional pelayanan di TTL berjalan baik.

“Berkat kesiapsiagaan dan cepatnya koordinasi yang dilakukan oleh TTL maka pelayanan bisa berjalan normal kembali dan distribusi logistik lancar. Harapannya penanganan evakuasi bisa segera terlaksana dengan baik,” ungkap Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak Arif Toha.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kantor Kesyahbandaran Kelas Utama Tanjung Perak Sudiono, menyampaikan fokus pihaknya saat ini adalah memastikan keamanan pelayaran tetap terjaga dan kelancaran arus logistik, terkait penyebab kejadian pihaknya bersama KNKT akan menerjunkan tim untuk mengumpulkan data dan informasi penyebab kejadian tersebut.

“Fokus kita saat ini adalah bagaimana agar pelayaran di Pelabuhan Tanjung Perak tetap lancar dan tidak terganggu, selain itu kami juga memastikan tidak terjadi pencemaran lingkungan akibat insiden tersebut salah satu langkah yang dilakukan adalah memasang Oil Boom di lokasi kejadian, terlebih sebanyak 18 ABK kapal bisa diselamatkan dari kejadian yang tidak diinginkan, semoga kejadian serupa tidak terulang di masa yang akan datang”.

Hal senada juga diungkapkan oleh Ketua DPC INSA Surabaya Stenvens Handry Lesawengen, pihaknya mengapresiasi respon cepat dan kompak dari KSOP dan TTL untuk mengatasi insiden tersebut serta koordinasi yang telah dilakukan dengan terminal petikemas lainnya di Tanjung Perak. “kami mengapresiasi langkah cepat yang dilakukan TTL pasca kejadian mulai dari mengevakuasi ABK dan petikemas hingga melokalisir lokasi, langkah cepat tersebut membuat kapal lainnya bisa tetap beroperasi”. jelas Stenvens.

Sementara itu atas kejadian tersebut perwakilan pemilik kapal MV Mentari Crystal mengatakan, pihaknya akan bertanggung jawab penuh untuk melakukan proses evakuasi kapal miliknya secepatnya hal tersebut bertujuan agar tidak terlalu mengganggu aktivitas operasional pelayanan di TTL.“ Kami akan berupaya secepat mungkin mengevakuasi kapal kami sehingga harapanya tidak mengganggu proses operasional pelayanan yang di lakukan oleh TTL”, ungkap Anthony Sunardi S Perwakilan Pemilik Kapal MV Mentari Crystal.
Download Majalah
Edisi 259 Juli 2020
Terbaru
H-1 Angkutan Nataru, Tak Ada Lonjakan Penumpang di Pelabuhan
Kamis, 24 Desember 2020
150 Anak Mendapat Layanan Khitanan Massal
Rabu, 23 Desember 2020
Dukung Penanganan Covid-19, Pelindo III Sumbang Mobil Ambulance
Selasa, 22 Desember 2020
Rektor UGM Apresiasi Pelindo III atas Hibah Bantuan Pembangunan Masjid Mardliyyah Islamic Centre
Jumat, 18 Desember 2020
Virtual Port Run and Ride Pelindo III 2020 Raih Dua Rekor Muri
Jumat, 11 Desember 2020
Terpopuler
H-1 Angkutan Nataru, Tak Ada Lonjakan Penumpang di Pelabuhan
Kamis, 24 Desember 2020
150 Anak Mendapat Layanan Khitanan Massal
Rabu, 23 Desember 2020
Dukung Penanganan Covid-19, Pelindo III Sumbang Mobil Ambulance
Selasa, 22 Desember 2020
Rektor UGM Apresiasi Pelindo III atas Hibah Bantuan Pembangunan Masjid Mardliyyah Islamic Centre
Jumat, 18 Desember 2020
Virtual Port Run and Ride Pelindo III 2020 Raih Dua Rekor Muri
Jumat, 11 Desember 2020

Pewarta dan kontributor Majalah Dermaga dalam menjalankan tugas kejurnalistikan tidak menerima imbalan dalam bentuk apapun. Segala bentuk permintaan yang mengatasnamakan Majalah Dermaga adalah di luar tanggung jawab redaksi. Setiap bagian materi pemberitaan dari situs ini tidak merepresentasikan pandangan dari PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) secara korporat maupun karyawannya.

Konten
  • Berita
  • Safety & Health
  • Olahraga
  • Seni & budaya
  • CSR
Kontak
Jl. Perak Timur 610 Surabaya, 60165
+62(31)329863
+62(31)3298637
+62(31)3295204
humas@pelindo.co.id
majalahdermaga@yahoo.com
Hak Cipta © 2014 - 2021. Majalah Dermaga - PT Pelabuhan Indonesia III (Persero)
Agenda Kegiatan|Download Majalah|Tentang Kami